🌮 Pipeline Game

GAMEDEVUNITYPIPELINEPENGEMBANGAN GAME

Tulisan ini hanya bertujuan sebagai dokumentasi atau patokan umum dalam proses pengembangan game.

Konsep

Beberapa awal mula pengembangan game yang saya tahu melibatkan beberapa hal seperti berikut:

  • Ide
  • Game dengan tema sejenis (competitor)
  • Target Pasar maupun Pengguna
  • Platform

Ide

Ide, gagasan ataupun cerita merupakan langkah awal dalam membuat setiap sesuatu begitu juga dengan game.

Apakah game ini tentang sejarah, edukasi, ataukah cerita fiksi bisa juga isinya adalah kritik sosial.

Competitor

Poin penting selanjutnya adalah competitor. Adakah game dengan cerita atau konsep yang sejenis yang ada di pasaran, dari situ kita bisa belajar untuk menambah fitur yang kurang atau mengurangi fitur yang tidak perlu.

Pasar & Pengguna

Ada beberapa game yang memang ditargetkan untuk segala umur, dewasa maupun lingkup daerah dengan culture tertentu, sekali lagi sangat tergantung dengan kemauan pengembang game untuk apa game itu diciptakan.

Platform

Apakah game ini akan berjalan di PC, PS4, XBox, Nintendo Switch? jawaban pertanyaan ini sangat mempengaruhi tools, workflow dan pastinya kesesuaian budget dari pengembangan.

Pre-Production

Pada fase ini adalah pendefinisian detil dari konsep game contohnya seperti:

Biasanya keunikan game pasti ada di visual art meskipun secara basic gameplay game-game tersebut pada dasarnya sama, ambil contoh game FPS yang pada dasarnya sama hanya berbeda di cerita, keunikan visual art dan terkadang mekanika gameplay.

Fase pre-production merupakan fase terpenting dan paling lama dieksplorasi karena pasti akan banyak perubahan sampai terjadi benar-benar ada kesepakatan dan pembuatan protitipe dan selanjutnya untuk menuju ke level berikutnya dimana dilarang ada perubahan karena secara budget dan waktu akan sangat mahal.

Production

Fase ini merupakan fase pembuatan game dimana bagian team programer, desainer dll disatukan untuk membuat versi game yang nantinya akan direlease. Jika ada kesalahan biasanya mengacu pada prototipe hasil pre-production.

Kalau anda bermain di Steam maka akan akrab dengan Early Access Game dan itu adalah contoh dari awal fase Production. Cara lama adalah menge-test game versi alpha atau beta secara internal atau memakai tester dalam jumlah yang banyak sampai game benar-benar stabil dan bisa di release ke publik.

Post-Production

Pada intinya ada beberapa hal yaitu:

  • Marketing besar-besaran entah itu melalui blogs, stream youtube atau twitch.
  • Bugs fixing.
  • Pengembangan game lebih lanjut seperti menambah DLC.

Ya diatas itu adalah teori yang saya dapat dari merangkum berbagai sumber di internet tetapi saran saya adalah buat apa aja yang anda mau buat sampai selesai apalagi kalau anda mulai menekuni pengembangan game tanpa team alias anda adalah solo developer.

Budget bisa menjadi masalah tetapi tidak terlalu kalau anda hanya ingin membuat prototipe atau hanya ingin membuat show case untuk membangun portofolio.

Sangat banyak tools maupun pembelajaran gratis diluar sana. Ada game engine gratis seperti Unity, Godot, Unreal Engine, Pemodelan 3D dengan Blender, Storyboard dengan Krita dll.

Kebiasaan dalam menyelesaikan sesuatu akan sangat berguna bagi mental power anda terutama dalam hal ini sebagai game developer 😃.


Equan Pr.

Equan Pr. (@junwatu)