šŸŗ Membuat Aset Unity 1 - Blender

GAMEDEVUNITYPENGEMBANGAN GAMEASETBLENDERSUBSTANCE PAINTER

Membuat Aset Unity

Pembuatan aset game adalah suatu teknik yang sangat tidak mudah untuk dipelajari tetapi saat ini banyak sekali resource pembelajaran maupun tool gratis jika anda ingin menekuni ataupun sekedar mencicipi seperti apa prosesnya.

Tulisan ini hanya sekedar catatan kecil tentang pembuatan aset sederhana untuk game engine Unity dengan memakai beberapa tools yang ada, lebih mengarah mengapa memilih memakai tools berikut ini.

Blender

Blender 2.81

Tampilan Blender 2.8

Satu-satunya tool pemodelan 3D yang gratis dan sangat powerful saat ini adalah Blender. Alasannya:

Gratis

Yup! gratisā€¦tisss. Gak perlu membeli apalagi membajak software (lagi?) tetapi kalau anda benar-benar menghasilkan duit dari Blender saran saya dukunglah Blender.

Mudah Digunakan

Sejujurnya dulu saya tidak terlalu menyukai Blender karena agak susah dipelajari atau learning curve-nya agak tinggi dibandingkan misalnya mempelajari Autodesk Maya atau Cinema 4D tetapi sejak dikeluarkannya Blender 2.8 terjadi perubahan besar-besaran pada internal maupun antar muka dari Blender dan membuat Blender menjadi sangat mudah untuk digunakan. Secara interface Blender mengingatkan saya sekilas seperti Cinema 4D akan tetapi juga seperti Autodesk Maya.

Fitur Pro

Autodesk Maya sudah lama menjadi de-facto standar profesional untuk industri baik itu game maupun film akan tetapi sejak Blender 2.8 mungkin akan berubah karena relese versi Blender 2.8 ini benar-benar game changer.

Cycle Render Engine adalah engine render internal Blender yang sudah mendukung PBR Shaders, pencahayaan HDR, render Virtual Reality maupun Real-time rendering dan bisa memakai CPU maupun GPU dalam proses rendering, secara umum setara dengan teknologi yang dipakai di kebanyakan tool pemodelan yang berbayar lainnya.

Visual FX, Animasi & Rigging juga disediakan sehingga Blender tidak hanya dipakai oleh Pemodel 3D tetapi juga dipakai oleh animator & pembuat film. Sepertinya sudah sangat banyak contoh animasi 3D ataupun film yang diproduksi memakai Blender, contoh terkenal adalah Next Gen yang tayang di Netflix.

Bahkan di Blender ada fitur Sculpting (ZBrush) atau pemodelan bebas (tanah liat digital kalau saya bilang) sehingga bisa dikatakan Blender merupakan all in one tool.

2D di 3D

Mungkin hanya Blender saat ini yang mendukung pembuatan animasi 2D didalam lingkungan tool 3D. Pada Blender release 2.8 ini mempunyai fitur dimana anda bisa melukis langsung pada viewport Blender atau dinamakan dengan Grease Pencil dan jika anda ingin membuat animasi maka mudah saja, lukis tiap scene untuk tiap frame dan dengan frame rate yang cukup maka akan bisa menjadi animasi.

Hero

Hero, film animasi yang dibuat di Blender

Extensibility

Salah satu alasan mengapa Blender juga populer di kalangan programer adalah fungsionalitas Blender yang bisa anda tambahkan melalui addons dan fungsi tambahan ini bisa anda tulis dengan memakai bahasa pemrograman Python.

Learning Resources

Seperti halnya Unity, Blender juga mempunyai banyak sekali resource dan jika anda ingin belajar, situs resmi pembelajaran adalah di https://cloud.blender.org/.

Saran saya belajar dulu melalui Youtube karena disana selain gratis menurut saya isinya tidak kalah dengan situs berbayar yang ada.


Biasanya keberlangsungan proyek open-source sangat bergantung kepada respon komunitas dan sumbangan dana, demikian juga dengan Blender yang telah menerima sedekah dari Epic Game. Kepercayaan dengan jumlah dana sebesar itu menunjukkan bahwa kedepannya akan banyak terjadi peningkatan-peningkatan dan penambahan fitur pada Blender sehingga menurut saya mempelajari Blender saat ini akan sangat tidak rugi bahkan justru sebuah investasi, dengan tanpa biaya kecuali biaya bandwidth internet tentunya, anda bisa belajar tool yang sama yang juga dipakai oleh para profesional 3D di seluruh dunia.


Equan Pr.

Equan Pr. (@junwatu)